Diabetes Mellitus , Info Kesehatan

Diabetes Mellitus , Info Kesehatan

FYI
Info kesehatan , Diabetes Mellitus
.
Diabetes Mellitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan symton berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari: defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, dan/atau keduanya.

Penyakit diabetes mellitus yang dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis terjadi pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin atau reseptor insulin tidak berfungsi dengan baik.
.
Jenis-Jenis Diabetes
.
Diabetes Mellitus (DM) dibagi menjadi beberapa tipe.
* DM tipe I biasanya menimbulkan gejala sebelum usia pasien 30 tahun, walaupun gejala dapat muncul kapan saja.
Pasien DM tipe I memerlukan insulin dari luar tubuhnya untuk kelangsungan hidupnya.
* DM tipe II biasanya dialami saat pasien berusia 30 tahun atau lebih, dan pasien tidak tergantung dengan insulin dari luar tubuh, kecuali pada keadaan-keadaan tertentu.
* Tipe DM lainnya adalah DM gestasional, yakni DM yang terjadi pada ibu hamil, yang disebabkan oleh gangguan toleransi glukosa pada ibu hamil tersebut.
.
Diabetes yang timbul akibat kekurangan insulin disebut
** DM tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM).
Sedang diabetes karena insulin tidak berfungsi dengan baik disebut
** DM tipe 2 atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).
.
Insulin adalah hormon yang diproduksi sel beta di pankreas, sebuah kelenjar yang terletak di belakang lambung, yang berfungsi mengatur metabolisme glukosa menjadi energi serta mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang disimpan di dalam hati dan otot.
.
Tidak keluarnya insulin dari kelenjar pankreas penderita DM tipe 1 bisa disebabkan oleh reaksi autoimun berupa serangan antibodi terhadap sel beta pankreas.
.
Pada penderita DM tipe 2, insulin yang ada tidak bekerja dengan baik karena reseptor insulin pada sel berkurang atau berubah struktur sehingga hanya sedikit glukosa yang berhasil masuk kedalam sel.
.
Akibatnya, sel mengalami kekurangan glukosa, di sisi lain glukosa menumpuk dalam darah. Kondisi ini dalam jangka panjang akan merusak pembuluh darah dan menimbulkan berbagai komplikasi. Bagi penderita Diabetes Melitus yang sudah bertahun-tahun minum obat modern seringkali mengalami efek yang negatif untuk organ tubuh lain.
.
Gejala-Gejala Diabetes
.
Gejala DM tipe II antara lain:
rasa haus yang berlebih, buang air kecil lebih sering (frekuensi terbangun dari tidur untuk berkemih saat malam hari menjadi lebih sering dari biasanya), banyak makan, penurunan berat badan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas
Diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan kadar gula darah, yakni gula darah setelah puasa, yaitu Glukosa Puasa, Glukosa 2 JPP dan/atau Glukosa Sewaktu.
.
Jika tidak cepat ditangani, dalam jangka panjang penyakit Diabetes bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti :
– Penglihatan kabur
– Penyakit jantung
– Penyakit ginjal
– Gangguan kulit dan syaraf
– Pembusukan
– Gairah sex menurun
.
Makanan Diet Diabetes
.
Bagi penderita penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berpengaruh baik pada kadar gula. Hal ini dikarenakan menurunnya produksi hormon insulin dari pankreas sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Maka dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk mendapatkan makanan yang mengandung karbohidrat dari whole grain, sayuran, buah-buahan dan susu rendah lemak.
.
Makanan diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes, antara lain :
– Kacang polong, kacang panjang dan buncis
– Apel, aprikot dan pir
– Oats
– Roti gandum dan ubi jalar
– Susu krim dan yogurt rendah lemak
– Daging unggas dan daging merah rendah lemak
– Makarel, sarden, dan salmon
– Labu dan biji rami
– Buah dan sayur-sayuran
– Beras merah
.
Makanan tersebut dianggap dapat memberikan asupan zat yang sangat dibutuhkan para penderita diabetes, tanpa membahayakan kesehatan penderita tersebut. Selain jenis makanan, para penderita diabetes juga harus memperhatikan porsi makanan dan jadwal makannya. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, maka dapat meminimalisir kemungkinan meningkatnya kadar gula dalam darah.
.
Makanan Pantangan Diabetes
.
Penderita Diabetes juga memiliki makanan yang harus dipantang. Ini dikarenakan tingginya kadar gula dalam darah. Hal tersebut dianjurkan supaya kondisi kesehatan penderita tersebut dapat terjaga dengan baik. Berikut ini adalah makanan yang harus dijauhkan oleh penderita diabetes, yaitu :
– Nasi
– Kafein
– Kentang
– Mie dan pasta
– Roti putih
– Nangka dan durian
.
Jika makanan yang disebutkan diatas dihindari oleh penderita diabetes, maka hal tersebut dapat membantu mereka dalam menjaga kestabilan gula dalam darah.
.
Sumber: bacaan/tulisan Googling di Internet, Wikipedia dlsb nya
.

Postingan Terkait Lainnya :


Diskusi Bisnis Online via Facebook Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>