Kebutuhan Air Saat Diet

Kebutuhan Air Saat Diet

Kebutuhan Air Saat Diet
Mengapa Kita Perlu Air ?
Air berperan sangat penting daripada sekedar penawar haus lho.
60% tubuh kita terdiri dari air dan tubuh kita sangat memerlukannya karena kita kehilangan cairan dari Bernafas, Berkeringat dan Kentut. Haaah? Kentut emang ngeluarin air?
Lah baru tauuu ? itu namanya mencreettt…. hehehe
Saya perlu berapa banyak air?
Good question.
Kalo Anda memiliki berat badan ideal, rumusnya adalah :
BB Anda (kg) x 50 ml.
Contoh :
Berat Anda 60kg x 50 ml = 3000 ml = 3 liter.
Ini diperlukan selama 24 jam !
Kalo saya lagi program turun berat badan, berapa banyak air ?
Simple.
Pakai rumus diatas, lalu tambahkan ekstra 8 gelas.
Contoh :
Berat Anda 80kg x 50 ml = 4.000 ml = 4 liter.
++ 8 gelas @250ml = 2 liter
Total 6 liter sehari.
Mengapa harus nambah 8 gelas? 4 liter aja udah banyak banget.
Betul. Ketika Anda sedang program turun berat badan, semua kotoran dan lemak-lemak jahat di tubuh Anda akan dibakar dan dibuang dengan proses metabolisme tubuh. Nah,… semua ini harus dibuang, supaya tidak berputar-putar di badan dan jadi sumber penyakit.
Gini deh,… pernah gak nyuci bak kamar mandi?
Kita udah cuci pake semua bahan pembersih,… dan apa akibatnya kalo kurang air untuk membilasnya?
Malah jadi kotor dan bau kan?
Waduh… terkencing-kencing dong kalo minum air putih?
Ya eyalaaaah…. kan minum aerrr….
Tapi beruntung lho kalo masih bisa ke toilet.
Gimana coba kalo nongkrong di toilet 30 menit dan kencingnya keluar se uprit-uprit ?
Wiii….gak mau lah yaaaawww….

Apa sih manfaatnya minum Air Putih ?
1. Menahan Nafsu Makan
Orang yang banyak minum air terbukti lebih jarang merasakan lapar yang berlebihan. Sebab itu, air putih menjadi substansi yang paling ideal untuk menahan rasa lapar. Jadi ketika Anda merasa lapar, jangan langsung memenuhi mulut dengan makanan. Cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Jika perut terasa kenyang, itu berarti Anda hanya haus atau dehidrasi, bukan lapar makanan.
2. Mengurangi Kolesterol
Air putih memberikan dampak yang cukup signifikan dalam proses pengurangan kolesterol. Minum cukup air putih, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol karena sifatnya yang meluruhkan racun-racun dari tubuh dengan mengeluarkannya lewat urin. Hal tersebut akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.
3. Membantu Membentuk Otot
Jika otot Anda kekurangan cairan, maka jangan harap otot bisa terbentuk dengan sempurna, sekeras apapun olahraga yang Anda lakukan. Saat berolahraga, tingkatkan asupan air dan Anda akan melihat perbedaannya dengan cepat.
4. Penting untuk Kelancaran Sistem Pencernaan
Anda tentunya tahu, jika pencernaan lancar otomatis perut akan merasa nyaman dan ramping. Sebab itu, sistem pencernaan memerlukan jumlah air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Kekurangan cairan akan membuat Anda merasa bengkak, perut kembung dan lebih mudah lelah.
5. Meningkatkan Fungsi Hati
Hati atau liver berfungsi memetabolisasi lemak (mengatur pelepasan dan penggunaan lemak dalam tubuh), dan itu sangat penting jika Anda ingin mengurangi berat badan. Agar fungsi hati bekerja dengan baik, Anda memerlukan asupan air yang cukup. Jika kekurangan air, hati hanya akan menimbun lemak.
6. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, misalnya susah buang air besar, cobahlah minum beberapa gelas air lebih banyak dari biasanya. Air biasanya menjadi obat alami yang mujarab untuk melancarkan pencernaan.
7. Jumlah Air yang Cukup Bisa Mencegah Penumpukan Cairan
Saat kekurangan cairan, tubuh akan menahan air agar tidak terjadi dehidrasi. Jika kebiasaan malas minum air dipertahankan terus-menerus, maka akan terjadi penumpukan cairan yang akan menambah berat badan dan membuat Anda terlihat lebih gemuk dan bengkak.
Selamat Hidup Sehat bersama Herbalife !!

Postingan Terkait Lainnya :

  • KADAR gula dan kafein tinggi diikuti jumlah kalori berlebihan adalah apa yang terjadi pada tubuh jika Anda sering mengons ...

  • Start YOUR DAY , the HEALTHY WAY Bagaimana Anda memulai hari Anda? Dengan mengkonsumsi sereal yang sama setiap pagi? ...

  • KOMPAS.com (TIPS GIZI & KESEHATAN , Sabtu, 3 November 2012) - Bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat b ...

  • FYI Info kesehatan , Diabetes Mellitus . Diabetes Mellitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pan ...

  • FYI Info Kesehatan , Diabetes Mellitus . Diabetes Melitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau panc ...


Diskusi Bisnis Online via Facebook Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>