Upaya Palestina di PBB ‘kandas’ , 11 11 11

Upaya Palestina di PBB ‘kandas’

Terbaru  12 November 2011 – 00:21 WIB

Komisi Dewan Keamanan PBB menyimpulkan perundingan tentang permintaan Palestina untuk menjadi anggota PBB berakhir tanpa kesepakatan.

Para delegasi menyepakati satu laporan yang menyimpulkan adanya perbedaan tajam dalam Dewan Keamanan, dan tidak ada rekomendasi atas permintaan itu.

Petunjuk ini, menunjukkan gagalnya upaya Palestina untuk menjadi anggota PBB, paling tidak untuk saat ini, kata wartawan BBC di PBB, Barbara Plett.

Komisi tengah mempertimbangkan langkah apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Fokus perundingan adalah apakah Palestina memenuhi kriteria teknis yang ditetapkan untuk keanggotaan.

Namun para diplomat mengatakan keputusan yang diambil banyak negara bernuansa politik dan hal itu menunjukkan perbedaan pandangan terkait konflik Israel Palestina.

Alternatif lain

Langkah berikutnya tergantung dari Palestina, apakah akan terus menekan pemungutan suara secara simbolis atau mencoba mengajukan keanggotaan lagi dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bulan.

Alternatif lain bagi Palestian adalah mengajukan diri sebagai negara pengamat.

Palestina sendiri tidak pernah mengharapkan akan berhasil di Dewan Keamanan karena Amerika Serikat telah mengatakan akan memvoto.

Namun Palestina berharap sembilan suara yang mereka dapatkan dapat digunakan untuk meloloskan satu resolusi sehingga mengangkat Amerika sebagai ganjalan utama dalam upaya mereka.

Tetapi Palestina gagal mendapatkan suara yang diperlukan.

Negara-negara Eropa di Dewan Keamanan bersimpati atas kekecewaan Palestina namun negara-negara itu juga sepakat dengan pendapat Amerika bahwa upaya Palestina itu akan mengganggu langkah membangkitkan kembali perundingan damai.

Negara-negara Eropa, kata wartawan BBC Barbara Plett, juga khawatir, perselisihan di Dewan Keamanan akan memicu kerusuhan di Timur Tengah.

source, read more : http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/11/111111_unpalalestine.shtml

Postingan Terkait Lainnya :


Diskusi Bisnis Online via Facebook Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>